Marwan Jafar Terpilih Jadi Ketua PP Keluarga Mathaliul Falah 2023-2028


SEMARANG, suaramerdeka.com - Marwan Jafar terpilih sebagai ketua  Pengurus Pusat Keluarga Mathaliul Falah (KMF) periode 2023-2028 di di Wisma UIN Walisongo, Sabtu 7 Januari 2023.

Marwan Jafar merupakan alumni Perguruan Islam Mathaliul Falah (PIM) tahun 1990. Marwan Jafar pernah menjabat sebagai Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi RI pada tahun 2014-2016. Dan sekarang merupakan anggota DPR RI.

Mohammad Alfuniam, Ketua SC muktamar ke-3 KMF mengatakan ada 8 calon yang diajukan oleh peserta muktamar. 8 calon tersebut yaitu Dr. Lutfan Muntaqo, H. Alfuniam, H. Marwan Jafar, Dr. Saiful Umam, Hj. Saidah Sakwan, Sugiyono, Aziz Hakim, dan H. Nurul Yaqin.

"Seluruh peserta Muktamar ke-3 KMF berharap semoga ketua terpilih mampu menjalankan amanah dengan baik," katanya.

KMF merupakan jaringan alumni Perguruan Islam Mathaliul Falah (PIM) Kajen Pati. Madrasah yang dikenal dengan sebutan Mathole ini berdiri sejak 1912 di Kajen, Margoyoso, Pati. PIM merupakan salah satu satuan pendidikan muadalah di Indonesia. Ia mempunyai status kesetaraan pendidikan pondok pesantren dengan lembaga pendidikan formal. Bahkan kemudian satuan pendidikan muadalah dalam UU Pesantren diakui sebagai lembaga pendidikan formal di bawah naungan pendidikan pondok pesantren. Sehingga lulusan Mathaliul Falah dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri.

Sebelumnya, Keluarga Mathaliul Falah atau KMF menggelar Muktamar ke-3 di Kampus I UIN Walisongo, Kota Semarang. Saat pembukaan muktamar ke-3 KMF, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen berharap muktamar ke-3 KMF ini bisa mencetuskan sebuah program yang dapat memecahkan permasalahan-permasalahan anggota KMF ataupun masyarakat.

Taj Yasin menambahkan, untuk merekatkan kekeluargaan, perlu adanya pendataan anggota. Sehingga, organisasi memiliki data anggota hingga keilmuan yang dimiliki. Dengan demikian, lanjutnya, program yang dicanangkan bisa terarah dan berjalan dengan baik.***

Sumber: https://www.suaramerdeka.com/jawa-tengah/pr-046483423/marwan-jafar-terpilih-jadi-ketua-pp-keluarga-mathaliul-falah-2023-2028?page=3