Gelar Rakernas, KMF Fokus Program Prioritas Penguatan Pesantren dan Peningkatan Kapasitas SDM


SUARAMERDEKA.COM - Pengurus Pusat (PP) Keluarga Mathaliul Falah (KMF) masa khidmat 2023-2028 menggelar pelantikan dan rapat kerja nasional (Rakernas) di Balai Diklat Industri Yogyakarta, 24-25 Februari 2023.

Rakernas KMF tahun ini mengusung tajuk 'Awareness, Caring and a sense of Belonging'.

Ketua Umum PP KMF Marwan Jafar mengatakan pada kepengurusan yang baru, KMF mempunyai beberapa program prioritas.

Beberapa program prioritas itu di antaranya adalah digitalisasi database alumni, talent mapping, advokasi dan berbagai program pemberdayaan.

Menurut Marwan, peran KMF harus bisa dirasakan secara nyata seluruh anggota dan masyarakat. Marwan menjelaskan, salah satu program prioritas KMF yang akan difokuskan adalah penguatan pesantren dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM).

Pesantren sebagai lembaga yang memberikan pendidikan dalam bidang agama dan pengetahuan umum serta pembentukan karakter harus mampu berkompetisi secara positif.

"Pesantren harus mengawal nilai-nilai luhur yang diajarkan dengan bersedia berbenah diri. Memperbaiki dan mengembangkan infrastruktur serta suprastruktur untuk mengatasi masalah sosial-kultural yang terjadi di pesantren," kata Marwan.

Lebih lanjut Marwan menjelaskan, dalam rakernas juga meminta kepada negara untuk bisa mengafirmasi dan merekognisi serta memfasilitasi pesantren dengan sungguh-sungguh.

Hal itu sesuai dengan amanat UU Nomor 18 tahun 2019 tentang Pesantren, dan diimplementasikan melalui penerbitan peraturan daerah (perda) pesantren di berbagai daerah.

"Pesantren harus tetap menjaga tradisi keilmuan sebagai lembaga tafaqquh fiddin. Pesantren harus terus meningkatkan kapasitas dan kemandirian," jelasnya.

Sementara itu rangkaian acara pelantikan dan rakernas PP KMF, juga diselenggarakan dua seminar. Kedua seminar itu adalah 'Masa Depan Pesantren dalam Bingkai UU Nomor 18 Tahun 2019; Tantangan dan Harapan' dan 'Strategi Pengelolaan dan Pendayagunaan Data Alumni Berbasis Digital'.

Seminar tersebut menghadirkan narasumber KH Ulil Abshar Abdalla, Ny. Hj. Badriyah Fayumi, TG Hairus Salim, H. Muqorrobien Ma’ruf, Dr. K.H. Ali Sofwan, dan K.H. Sholahuddin Al-Aiyub.

Sumber: https://www.suaramerdeka.com/nasional/047740122/gelar-rakernas-kmf-fokus-program-prioritas-penguatan-pesantren-dan-peningkatan-kapasitas-sdm?page=2