KMF Adalah Wadah Perjuangan dan Wadah Bekhidmah Untuk Mathaliul Falah


Jum’at (24/2/2023), Keluarga Mathali’ul Falah (KMF) menggelar pelantikan dan Rakernas pengurus di Balai Diklat Industri Kota Yogyakarta. Acara ini diselenggarakan 2 hari Jumat-Sabtu 25 maret 2023. Acara dibuka oleh KH. Asnawi Rahmat sebagai dewan pengasuh Pengurus pusat KMF dan dihadiri oleh dewan pengasuh, dewan penasehat, dewan pakar, dan 100 lebih anggota pengurus pusat KMF yang berasal dari KMF daerah.

Dalam acara ini, Marwan Ja’far beserta seluruh pengurus pusat resmi dilantik menjadi pengurus pusat KMF. Pengurus KMF pusat terdiri dari pengurus harian dan 8 Divisi, yaitu 1) divisi Bidang Legal, Hukum dan Fatwa  Yang diketuai Nyai Hj. Umdatul Baroroh , 2) divisi Bidang Kominfo, Media dan Teknologi yang diketuai Isyrokh Fuaidi ,3) divisi Bidang Pendidikan dan Pesantren yang diketuai KH. Zainal Abidin,  4) Divisi Bidang Sosial, Politik, Jaringan dan Hubungan Antar Lembaga  Yang diketuai KH. Muhammad Silahuddin, 5) divisi Bidang Kajian Strategis dan Perencanaan yang diketuai KH. Ulil Abshar Hadrowi, 6)divisi Bidang Literasi, Seni, Budaya  dan Dakwah yang diketuai KH. Ahmad Zaky Fuad, 7) divisi Bidang Usaha dan Ekonomi Kreatif yang diketuai H. Syafiq Syauqi, dan 8) divisi Bidang Talenta, Inovasi dan Pengembangan Skill Generasi Muda, yang diketuai Hj. Nawal Nur Arafah.

Pelantikan Marwan Ja’far resmi ditetapkan berdasarkan keputusan musyawarah dewan Dewan Ahlul Halli wal A1di (AHWA ) yang disahkan oleh Peserta Muktamar pada sidang Pleno III Muktamar KMF di Semarang pada tanggal 7 Januari yang lalu.

Dalam sambutannya, Marwan Ja’far menyampaikan beberapa harapan diantaranya, Keluarga KMF harus meningkatkan kualitas diri, berjejaring di berbagai organisasi dan menjalin relasi yang luas. Harapannya PIM dan IPMAFA mampu berperan dalam berbagai sektor, baik pendidikan masyarakat, sector industri dan infromatika. Karena itu, kepengurusan pusat KMF ini diharapkan mampu menciptakan program yang benar-benar berkualitas untuk mencapai harapan tersebut.

“KMF merupakan wadah perjuangan dan wadah bekhidmah untuk Matahliul Falah, Khidmah tidak hanya dilakukan di dalam madrasah akan tetapi bisa dilakukan di luar madrasah. Semua pogram KMF tidak boleh meleset dari syariat dasar PIM, yaitu tafaqquh fiddin dan mengimplementasikan nilai-nilai shalih akram.” Pesan Bapak Ismail, dalam sambutannya sebagai perwakilan direktur, dan  menyampaikan pesan dari Direktur PIM yang berahalangan hadir.