Untuk Menggali Potensi Anak Muda KMF, Divisi Talenta Agendakan KMF Fest, Bootcamp Project Inovasi, Youth KMF Conference, dan Program Menarik Lainya

Sejak satu dekade diresmikan oleh KH. MA. Sahal Mahfudh, PP KMF berkeyakinan bahwa  potensi dan talenta  muda anggota Keluarga Mathali’ul Falah bisa diberdayakan lebih optimal. Pengembangan potensi anggota muda KMF bisa menjadi kekuatan dan keunggulan tersendiri bagi organisasi. Ini tentu tidak lepas dari karakteristik anggota-anggota muda KMF yang identik dengan inovasi dan kreativitasnya. karakteristik unik ini perlu dikelola secara positif dan berkelanjutan agar KMF bisa berperan lebih besar dalam proses reproduksi ulama, tokoh publik maupun talent kreatif yang mampu mewarnai arah Islam dengan nilai-nilai dasar Mathali'ul Falah yakni sholih akram.


Keyakinan inilah  yang kemudian ditindaklanjuti oleh PP KMF Masa Khidmah 2023-2028 hasil Muktamar ke-3 KMF di Semarang pada Januari, 2023 lalu, dengan membentuk divisi baru bernama Divisi Talenta, Inovasi, dan Pengembangan Skill Generasi Muda. Divisi ini diharapkan dapat menjadi jembatan antar generasi di dalam KMF yang gap antar generasinya terbentang cukup jauh, menggarap potensi anak muda KMF, menginisiasi ruang ekspresi eksklusif untuk anak muda KMF, dan mendesain proses regenerasi untuk menjawab tantangan masa depan. 


Pada masa khidmah kepengurusan 2023-2028 ini dikomandani oleh Ketua bidang talenta, inovasi, dan pengembangan skill generasi muda, Ning Hj. Nawal Nur Arafah (Wakil Ketua I Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah) dan didampingi oleh Divisi Talenta, Inovasi, dan Pengembangan Skill Generasi Muda yang dikoordinatori oleh Ibu Zeni Hafidhotun Nisak (Founder Sinau Space). 


Dalam presentasinya di sidang pleno penetapan program kerja PP KMF di Rakernas KMF yang digelar pada 25 Februari 2023 kemarin, Divisi Talenta telah menyiapkan  agenda prioritas, yaitu talent acquisition (maping talenta anak muda KMF), talent management (penguatan kapasitas dan skill anak muda KMF), dan talent activation (memfasilitasi ruang ekspresi, diskusi dan berkarya untuk melejitkan performa talenta anak muda KMF). 


Selama lima tahun ke depan, divisi ini menyiapkan beragam program yang menjadi oase bagi anak muda untuk lebih mengembangkan dan mengekspresikan potensinya. Program-program tersebut antara lain:


1. TALENT ASESSMENT


Aktifitas pendampingan secara psikologis baik lewat assestment maupun konsultasi mentoring, yang ditujukan untuk siswa-siswi tingkatan akhir di PIM dan anak muda KMF secara umum. Program ini di bawah tanggung jawab Ning Hj. Maryam Lualik (Dewan Masyayikh PP Bayt Al-Hikam) dan Ibu Lainatul Mudzkiyyah (Dosen Psikologi UIN Walisongo). 


2. BOOTCAMP INOVATION PROJECT 


Program stimulasi skill abad 21 (kreatifitas, kolaborasi, komunikasi & berfikir kritis) untuk anak muda KMF lewat Project Inovasi. Bootcamp perdana rencananya akan diadakan pada tahun 2024 di Wonosobo dengan mengusung tema project inovasi pengelolaan sampah, yang akan langsung dikomandoi oleh Bapak Muhammad Mafruhin, peraih Indonesia Grand Award (2013) dan Indonesia CSR Award (2014). 


3. VARIOUS WORKSHOPS & TRAININGS

 

Beberapa workshop dan training diagendakan setiap tahunnya untuk mengasah dan menguatkan kapasitas dan skill anak muda KMF, yaitu boosting skill bahasa (di bawah tanggung jawab Ibu Santi Andriyani, Dosen Unisnu Jepara), boosting skill digital content, workshop fotografi, workshop programming (di bawah tanggung jawab Mas Muhammad Bilal Shah, founder Beningphotocinema), workshop kepenulisan (di bawah tanggung jawab Gus Muhammad Muslim Han, Founder Salamkwagean.net), dan workshop EO Management (di bawah tanggung jawab Mas Nuzula Nailul Faiz, Spacetalk KMF Yeka). 


4. YOUTH EMPOWERMENT PROGRAM


Tujuan program ini adalah untuk mengasah capacity building dari siswa-siswi PIM dan anak muda KMF di berbagai daerah, utamanya pada kemampuan leadership futuristik. Program ini merupakan program tahunan yang rencananya diadakan setiap tahun untuk anggota KMF berbasis online. Program ini di bawah tanggung jawab Mas Syaiful Ahyar (Mahasiswa Program S3 SPs UIN Syarif Hidayatullah). 



5. TALENT COMPETITION: OLIMPIADE KMF


Tujuan utama dari program aktifitas ini adalah mengajak talent muda KMF untuk berani menunjukkan karyanya.  Olimpiade KMF akan fokus pada bidang sport dan art, yang akan diikuti seluruh cabang KMF Daerah di seluruh dunia. Program ini di bawah tanggung jawab Mas Muhammad Roihan (Ketua KMF Jakarta). 


6. KMF FEST & EXHIBITION 


Ruang galeri sekaligus pertunjukan untuk bakat yang telah terpilih melalui call for talent, talent competition atau mekanisme lainnya.  Program ini di bawah tanggung jawab Mas Syaiful Ahyar (Mahasiswa Program S3 SPs UIN Syarif Hidayatullah), Mas Muhammad Roihan (Ketua KMF Jakarta), dan Mas Nuzula Nailul Faiz (Spacetalk KMF Yeka). 



7. YOUTHSPACE


Diskusi bulanan dari dan oleh anak-anak muda KMF. Dalam event ini, anak-anak muda KMF dengan beragam latar belakang bakat dan minatnya diberi kesempatan untuk saling sharing succes stories melalui platform online, seperti Twitter, Instagram, Zoom, dan sebagainya. Program ini di bawah tanggung jawab Mas Syaiful Ahyar (Mahasiswa Program S3 SPs UIN Syarif Hidayatullah), Mas Muhammad Roihan (Ketua KMF Jakarta), dan Mas Nuzula Nailul Faiz (Spacetalk KMF Yeka). 


8. YOUTH KMF CONFERENCE


Program ini merupakan kelanjutan dari program Youthspace, dimana anak-anak muda KMF yang terpilih akan mendapat wadah untuk saling sharing pengalaman mereka dalam berbagai bidang dalam event dengan skala yang lebih besar berbasis offline.  Program ini di bawah tanggung jawab Ning Hj. Maryam Lualik (Dewan Masyayikh PP Bayt Al-Hikam). 


Semua program ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk mengembangkan talenta dan skill anak muda KMF, sekaligus menjadi ajang untuk berekspresi dan berinovasi, sehingga anak-anak muda alumni PIM dan IPMAFA semakin tertarik dengan KMF dan berada dalam jalur yang benar menuju Insan Sholih Akrom sesuai dengan tuntutan zaman. 




Nuzula Nailul Faiz

Anggota Divisi Talenta, Inovasi dan Pengembangan Skill Generasi Muda PP KMF