Optimalisasi Peran Keluarga Mathali'ul Falah dan Implementasi Makna Sholih Akrom

 

KH. Sidqon Famulaqih (memegang mic) dalam acara Silaturrahim & Sarasehan KMF Wonosobo di Joglo Mudal Mojotengah Wonosobo pada 25 Juni 2023.

Ahad, 25 Juni 2023, Keluarga Mathali'ul Falah (KMF) Wonosobo mengadakan acara Silaturrahim dan Sarasehan dengan tema "Optimalisasi Peran Keluarga Mathali'ul Falah Dalam Implementasi Makna Sholih Akrom" dengan mendatangkan 4 narasumber masing-masing dari Masyayikh PIM dan PP KMF. Acara yang bertempat di Joglo Mudal Homestay, Wonosobo ini dimulai pukul 08.00 WIB dengan diawali khotmil Qur'an, tahlil, sambutan-sambutan, dialog interaktif dan lain-lain.


Adapun acara tersebut dihadiri ± 140 peserta dengan rincian; Masyayikh PIM (Bpk. KH. Sidqon Famulaqih, Lc., M.Si., Bpk. Dr. Ali Subhan, Lc. MA., Bp. Tarwiji), Pengurus Pusat KMF (Bpk. Moh. Alfuniam, M.Phil., Bpk. Ulin Ni'am, S.H.I., Ibu Zeni Hafidhotunnisak), KMF Banjarnegara, KMF Purworejo, KMF Kebumen, KMF Cilacap, KMF Yogyakarta, KMF Semarang, KMF Kudus,dan KMF Pati.


Acara ini merupakan agenda tahunan dari KMF Wonosobo. Sesuai dengan tema, acara tersebut bertujuan untuk mempererat tali silaturrahim antar KMF Wonosobo maupun KMF daerah lainnya serta meneguhkan kembali akan pemahaman tafaqquh fiddin dan optimalisasi peran santri yang sholih akrom.


Sebagaimana yang disampaikan oleh keempat narasumber, bahwa sholih akrom akan muncul setelah tafaqquh fiddin didapat. Dan nilai sholih itu bukan hanya untuk diri sendiri, melainkan dikeluarkan agar bermanfaat untuk lingkungan atau pun sesama manusia di mana pun berada. Sedangkan akrom ialah senantiasa berhubungan kepada Allah SWT.


"Alumni PIM harus bisa memberikan manfaat kepada lingkungan sekitar dan bahkan di manapun ia berada."

-Bp. Dr. Ali Subhan, Lc., MA.


"Dengan adanya agenda tahunan ini, diharapkan dapat menjadi ajang silaturrahim atau re-charge khususnya bagi KMF Wonosobo dan sekitarnya. Apalagi dalam momen kali ini dirawuhi oleh masyayikh Mathali'ul Falah dan Pengurus Pusat KMF yang menambah berkesannya acara."

-Muhammad Iqbal Rosyid (Ketua Umum KMF Wonosobo)


"Wonosobo; Adem. Mathole'; Barokah Manfaah"


Penulis: Zahrotun Nafisah