Sosialisasi Program Boosting Bahasa TOEFL Preparation Test oleh Divisi Talenta PP KMF

Rencana kegiatan boosting bahasa dari Divisi Talenta, Inovasi, dan Pengembangan Skill Generasi Muda oleh Santi Andriyani pada Sabtu, 17 Juni 2023 melalui Zoom Meeting.

KMF.OR.ID -  Bahasa menjadi salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki santri, oleh karena itu Divisi Talenta, Inovasi, dan Pengembangan Skill Generasi Muda mengadakan TOEFL Preparation Test untuk para anggota KMF. 

Penanggung jawab program Santi Andriyani menyebutkan ada 111 alumni yang mendaftar. Pendaftar berasal dari berbagai angkatan, terbanyak berasal dari angkatan 2023 mencapai 30 orang. 

Sosialisasi ini dilakukan melalui Zoom pada Sabtu 17 Juni 2023, diikuti 54 orang peserta dan tutor.

Boosting bahasa nantinya akan dilaksanakan melalui Zoom Meeting untuk pertemuan serta Google Classroom pemberian materi dan penugasan. 

"Kalau biasanya kursus TOEFL ada 20 pertemuan, di program ini hanya 8. Karena nanti akan ada lanjutan untuk live in di Pare. Kuota beasiswa sudah kami siapkan untuk 60 orang terpilih," ujar Santi yang merupakan dosen Bahasa Inggris di UNISNU Jepara.


Program boosting bahasa ini bukan comprehensive course, karena hanya dilaksanakan delapan pertemuan. Peserta terpilih akan mengikuti kursus intensive di Alifia Institute, Pare, Kediri, Jawa Timur. 

Beasiswa yang diberikan berupa biaya kursus TOEFL 1,2 juta - 2 juta gratis, peserta hanya membayar 400 ribu untuk biaya asrama, dengan durasi kursus selama 1 bulan.

Setelah agenda sosialisasi, selanjutnya peserta mengikuti placement test untuk menentukan kelompok dasar atau intermediate.

Ada enam orang dari anggota KMF yang akan menjadi tutor pada program ini, antara lain: Noor Rosyid Fuad alumnus 2006, Laila Fathiyah alumnus 2011, Lailin Mufidah, Ulya Rosyita, Yusrotin Nikmah, Yuyun Mahfudzoh yang keempatnya merupakan alumni 2007. 

"Kalau teman-teman ada yang mempunyai kenalan yang sekiranya bisa menjadi tutor bisa diusulkan ke kami," pungkas Santi.*