Hurmat Haul Mbah Mutamakkin, PIM, KMF dan IPMAFA Adakan Kolaborasi Mathole' Fest

 


Haul Mbah Ahmad Mutamakkin Kajen yang dilaksanakan pada tanggal 10 Suro disambut secara meriah oleh masyarakat dengan berbagai macam acara dan kegiataan. Tidak ketinggalan pula tiga lembaga yakni Perguruan Islam Mataliul Falah (PIM) Kajen, Keluarga Mathaliul Falah (KMF) dan Institut Pesantren Mathaliul Falah (IPMAFA) Pati yang berkolaborasi untuk menggelar sejumlah acara yang cukup meriah dengan nama Mathole' Fest (Mathaliul Falah Festival).

Ada 14 agenda kegiatan yang diselenggarakan Mathole' Fest mulai tanggal 22 sampai 31 Juli 2023. Kegiatan tersebut meliputi: sowan-sowan ke para guru dan masyayikh PIM, pasar murah, seminar kewirausahaan, penyuluhan hukum, FGD pendirian SMP/SMA Mathaliul Falah, Coaching Clinic Marching Band, Stand Pelayanan Hukum, Pameran peninggalan Nabi, Book Fair, Lomba Rebana,Show-Off MBM, Donor Darah, Talkshow "The Power of Words", dan Youth Space.

Ketua Panitia Matole' Fest Muhammad Sidiq dalam opening ceremony (27/7/2023) menyampaikan bahwa sebagian kegiatan Mathole' Fest sudah dimulai beberapa hari seperti pameran artefak rasullullah yang dilaksanakan di dua tempat yaitu di Madrasah PIM Banat dan Madrasah Prima Putri.

Kemudian Ketua KMF Marwan Jafar menyampaikan bahwa Mathali'ul Falah memiliki potensi yang besar yang dapat dimaksimalkan sesuai kebutuhan dan perkemangan zaman. Mathaliul Falah memiliki alumni ribuan dan bahkan puluhan ribu yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Lebih lanjut bahwa sekarang ini merupakan era teknologi, era revolusi industri, dan era media sosial dimana semua itu membutuhkan ide-ide inovatif dan penyesuaian. Termasuk gagasan KMF dalam mendirikan SMP-SMA Mathole' adalah untuk mewujudkan Mathaliul Falah yang tidak hanya unggul dalam ilmu agama tetapi juga maju dalam ilmu pengetahuan umum dan skill-skill modern.

Kegiatan seremonial pelepasan balon dalam opening ceremony Mathole' Fest  

"Kami dari KMF membuka usulan dan masukan seluas-luasnya untuk dapat melakukan hal-hal yang baik, melakukan terobosan-terobosan, bersinergi dan berkolaborasi dalam kegiatan yang menjadikan Mathaliul Falah semakin maju dan berkembang." tambahnya.

Selanjutnya dalam sambutan Pembantu Direktur bidang Kesiswaan PIM, Muhammad Maulin Niam merespon baik kegiatan-kegiatan yang diadakan dalam Mathole' Fest ini. Banyaknya acara ini tentu memberikan manfaat bagi pasa siswa PIM dan masyarakat. Biasanya momen Suro dimeriahkan dengan hanya bazar buku dan pengajian tetapi sekarang ini dipenuhi dengan program positif yang beragam. 

"Tentu banyak manfaat dari kegiatan Mathole' Fest ini dimana kita semua mendapatkan hal-hal menarik, manfaat yang berupa wawasan, menjalin silaturahim, dan banyak ide-ide kreatif dan inovatif yang dapat kita ambil" jelasnya.

Hadir dalam acara ini sejumlah guru, pengasuh, pejabat struktural di lingkungan PIM, alumni dan para siswa-siswi Madrasah Mathaliul Falah. Demi kelancaran dan keberkahan acara, acara diakhiri dengan doa yang dibacakan KH Asnawi Rochmat. Di akhir kegiatan dilakukan pelepasan balon sebagai kegiatan simbolik pembukaan Mathole' Fest 2023.