PIM Dan IPMAFA Respon Positif Gagasan Pendirian SMP-SMA Pesantren Mathaliul Falah


Gagasan pendirian SMP-SMA unggulan Mathaliul Falah mendapat sambutan baik dari berbagai pihak di lingkungan madrasah Mathaliul Falah dan Yayasan Nurussalam yang menangungi. Ini tampak dari forum FGD penggodokan oleh Pengurus Pusat Keluarga Mathaliul Falah (PP KMF) dan dihadiri perwakilan dari empat kelembagaan yakni Yayasan Nurussalam, Perguruan Islam Mathaliul Falah  (PIM), IPMAFA dan PP KMF itu sendiri, Jumat (28/7/2023). FGD tersebut menjadi bagian dari rangkaian kegiatan Mathole' Fest untuk memperingati haul Mbah Ahmad Mutamakkin Kajen. 

Ketua KMF Marwan Jafar menyampaikan bahwa FGD ini sudah melalui beberapa forum dan persiapan untuk mematangkan pendirian lembaga pendidikan SMP-SMA Mathaliul Falah. Harapannya dengan adanya berbagai masukan dan dukungan akan melancarkan cita-cita pendirian lembaga tersebut dapat terealisasi. Ide besar pendirian pembaga ini untuk merespon perkembangan zaman alumni Mathaliul Falah yang tidak hanya memiliki bekal keagamaan yang kuat, tetapi menguasai bidang-bidang keilmuan lain berbasis science sesuai kebutuhan era saat ini.

Kemudian Rektor IPMAFA Abdul Ghaffar Rozin menyambut baik dan memberi banyak masukan terkait pertimbangan-pertimbangan dalam merealisasikan cita-cita mulian ini. Pertimbangan tersebut menyinggung misi dakwah dan perjuangan yang emban dalam pendirian lembaga khususnya kepada madrasah Mathaliul Falah Kajen, penguatan nilai-nilai moderasi atau yang disebut fikrah an nahdliyah. Selain itu Gus Rozin memberi maskan terkait lokasi yang tepat sesuai sasaran peserta didik nanti. 

Diretur PIM KH Muhammad Abbad (Gus Mamad) juga menyambut ide dan gagasan besar ini. Dalam sambutannya Gus Mamad menguatkan bahwa apa yang sudah dilakukan KMF merupakan cita-cita mulia yang sangat bagus direalisasikan.