KMF Yogyakarta Gelar Halal Bihalal di Kediaman KH. Imam Aziz

 

Foto bersama anggota KMF Yogyakarta putra dengan Bapak KH. Imam Aziz (Pengasuh KMF Yogyakarta, Dewan Pengasuh PP KMF)

Foto bersama anggota KMF Yogyakarta putri dengan Ibu Rindang Farihah 

Sleman - Keluarga Mathaliul Falah (KMF) Yogyakarta menggelar acara Halal Bihalal di Kediaman KH. Imam Aziz, Kampung Turen, Kalurahan Sardonoharjo, Kapanewon Ngaglik, Kabupaten Sleman. Acara dilaksanakan pada Sabtu pagi, 11 Mei 2024. Adapun acara ini dihadiri kurang lebih 60 anggota KMF Yogyakarta dari berbagai angkatan.

KMF adalah perkumpulan alumni Perguruan Islam atau Pesantren Mathali'ul Falah di Kajen Pati Jawa Tengah. Mathali'ul Falah atau sering disebut Matholek didirikan oleh KH. Abdussalam Kajen pada tahun 1912. Salah satu cucu KH. Abdussalam bernama KH. Sahal Mahfudh yang pernah menjabat sebagai Rais Aam PBNU dari tahun 1999 hingga 2014.  

Acara Halal Bihalal ini bukan saja dihadiri dari kalangan mahasiswa, tapi dihadiri juga dari para alumni yang sudah menjadi tokoh masyarakat, kiai maupun pengusaha, Diantaranya adalah, KH. Dr. Yunus Masrukhin, K. Dr. Taufiq Ridho, K. Muh. Yazid, Bpk. Sarjoko, Ibu Zeni HN dll. KH. Imam Aziz selaku tuan rumah sekaligus Pengasuh KMF Yogyakarta menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak, khususnya yang hadir di acara Halal Bihalal.

 "Kami juga mohon maaf apabila ada hal-hal yang kurang berkenan dalam acara ini, khususnya terkait tempat, hidangan dan lainnya," tegas Kiai Imam Aziz.

Sementara itu, salah satu Dewan Penasehat KMF Yogyakarta sekaligus Sekjen PP KMF, H. Moh. Alfunniam, menyampaikan bahwa pengurus KMF harus bisa merangkul para anggotanya yang tersebar di berbagai tempat.

"Acara ini harus dimanfaatkan sebagai sinergi untuk merangkul anggota-anggotanya agar tetap terjalin silaturrahmi sesama alumni Perguruan Islam Mathali'ul Falah dan menciptakan kader kepengurusun yang berakhlakul karimah," terangnya.

Dalam sambutannya, Bapak Alfunniam menyampaikan beberapa program strategis yang sedang dijalankan oleh PP KMF, diantaranya adalah;
1. PP KMF sedang dalam proses pembuatan Database anggota KMF yang tersebar diseluruh dunia, untuk sistematikanya sedang dirancang sebuah aplikasi yang nantinya berisi kumpulan Informasi terkait dengan KMF. 
2. PP KMF saat ini sedang dalam proses mendirikan SMP-SMA sebagai wadah dan sarana pembelajaran dalam menyikapi perkembangan zaman, adapun untuk lokasi pembangunan SMP-SMA Mathali’ul Falah bertempat di daerah Ambarawa Semarang. 
3. PP KMF sedang merencanakan mendirikan Omah KMF di Yogyakarta yang nantinya bisa di perluas ke daerah-daerah lain.

Kegiatan ini berlangsung dengan berbagai rangkaian acara, yakni Tahlil dan Do'a yang dipimpin Kiai Dr. M. Taufiq Ridho (Pengasuh PPTQ Al-Hamra').

Di penghujung acara, Ketua KMF Yogyakarta, Amanta Addihani Dzikril Kaffa mengucapkan kebahagiaannya atas terselenggaranya acara ini, dan berharap acara Halal Bihalal kali ini sebagai momentum untuk selalu mengingat pesan dari para masyayikh Perguruan Islam Mathali'ul Falah. 

Penulis: Khoirun Nisa, KMF Yogyakarta angkatan 2023.
Editor: M. Faisal Mu'afi